Kendala Yang Dihadapi Para Pengrajin Tas Kulit Di Garut

Kendala Yang Dihadapi Para Pengrajin Tas Kulit Di Garut

Berbagai macam produk kerajinan dari kulit saat ini memang disukai banyak orang. Memiliki ciri khas unik dan tahan lama adalah salah satu keunggulan dari produk yang terbuat dari kulit. Berbicara mengenai hasil kerajinan kulit, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengrajin tas kulit yang ada di Garut.

Sudah sejak lama kawasan Sukaregang Garut terkenal sebagai pusat sentral kerajinan kulit. Di kawasan ini terdapat banyak toko berjejer di sepanjang jalan yang menjual berbagai macam produk kerajinan kulit seperti jaket dan tas kulit. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Garut yang menyempatkan diri mengunjungi kawasan ini untuk berburu oleh-oleh untuk diberikan kepada sahabat dan keluarga mereka.

Produk kerajinan kulit di Garut memang sudah terkenal cukup luas. Kerajinan kerajinan kulit tersebut seringkali dijadikan sebagai buah tangan atau souvenir oleh para wisatawan yang melancong ke garut. Selain jaket kulit, tas kulit merupakan salah satu produk hasil kerajinan yang paling banyak dicari. Tas kulit termasuk salah satu produk unggulan Garut yang penjualannya cukup banyak. Produk kerajinan kulit garut juga terkenal dengan harganya yang murah.

Dibalik tas-tas kulit cantik yang di pajang di toko-toko ada beberapa kendala yang cukup sulit yang dihadapi para pengrajin tas kulit garut. Keterbatasan dana dan modal menjadi kendala utama yang mereka hadapi Hal itu berdampak pada terbatasnya hasil produksi perharinya. Untuk mengerjakan tas kulit skala besar para pengrajin membutuhkan waktu yang lebih lama karena pengerjaannya dilakukan secara manual dan dikerjakan menggunakan alat-alat yang masih sangat sederhana.

Tempat pembuatannya juga masih dikerjakan dirumah masing-masing. Jadi buat Anda yang mencari pusat kerajinan kulit atau pabrik pembuatan kerajinan kulit di Garut, Anda tidak akan pernah menemukannya karena produk kerajinan kulit yang dijual di toko di kawasan sukaregang merupakan hasil para pengrajin kulit rumahan yang tersebar di beberapa tempat di Garut.

Selain itu apabila pada musim hujan, stok ketersedian bahan kulit sulit didapatkan karena proses penjemuran setelah penyamakan menjadi lama karena terganggu adanya hujan. Hal ini juga merupakan kendala bagi para pengrajin tas kulit.