Keindahan Wisata Pantai Rancabuaya Garut Yang Mempesona

Keindahan Wisata Pantai Rancabuaya Garut Yang Mempesona

Kota garut tak hanya terkenal dengan keindahan pegunungannya saja tapi juga menyimpan keindahan daerah pantai memukau. Sebut saja panati Santolo dan Pantai Sayang Heulang yang memiliki pasir kecoklatan. Wisata di Garut Pantai Rancabuaya nyatanya menyimpan keindahan yang tak kalah memukau dari kedua pantai tersebut. Pantai ini berada di kabupaten Garut tepatnya di desa Purbayani, Kecamatan Caringin. Berlokasi di pesisir selatan daerah Garut berdekatan dengan engan Pantai Santolo Pemeungpeuk dan Pantai karang Paranje. Pantai Rancabuaya memilik pasir putih kecoklatan yang terhampar sepanjang 1,5 hektar.

Dengan banyaknya karang yang membentengi daratan, membuat tingkat abrasi pantai sangat kecil. Di tiap bulan Maret, wisata Pantai Rancabuaya Garut menawarkan sensasi liburan bertemakan budaya. Penduduk Rancabuaya akan menggelar prosesi hajat laut pada malam tertentu pada bulan Maret. Hajat laut sendiri adalah tradisi melarung berbagai sesajen ke tengah lautan dengan maksud agar hasil tangkapan ikan warga berrlimpah nantinya. Hajat laut merupakan atraksi kebudayaan yang berhasil menyedot perhatian wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Hampir serupa dengan pantai di daerah pesisir selatan Garut, Wisata Pantai Rancabuaya Garut juga menyuguhkan pemandangan batu batu karang besar yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Ombak yang relatif tinggi namun stabil juga akan anda temui selama berlibur ke daerah ini. Material dasar laut yang berupa hamparan pasir halus, batu karang dan pasir kasar kecoklatan akan menjadi pemandangan yang lumrah anda temui di daerah ini. Kawasan Rancabuaya juga ditumbuhi banyak rumput laut dan ganggang hijau ditemani ikan kecil yang terperangkap di antara karang maupun ikan tuna yang biasa jadi tangkapan para nelayan.

Seperti dikutip oleh pesonagarut.com Kawasan Wisata Pantai Rancabuaya Garut ini juga ditumbuhi oleh pohon ketapang dan kelapa yang akan menambah suasa indah. Anda bisa melakukan banyak aktiifitas selama berada di pantai ini. Hiking dan tracking pada bukit bukit kecil yang mengelilingi pantai bisa dijadikan piilihan. Lesehan khas Sunda yang banyak menghiasi pesisir pantai, akses jalan yang mudah serta pengadaan penginapan, sewaan saung maupun fasilitas umum lain membuat Pantai Rancabuaya cocok untuk anda yang ingin berlibur dengan akses mudah. Anda hanya dikenakana biaya Rp 5.000 per orag untuk menggunakan toilet maupun kamar mandi umum di sana.

Tak hanya itu ada banyak penginapan yang menawarkan berbagai harga murah namun tak meninggalkan kenyamanan tamu, sudah banyak tersedia di daerah ini. Anda bisa memilih hotel yang sesuai pengeluaran dan kebutuhan anda. Anda tak perlu kebingungan untuk mencari makan di daerah ini. Anda akan menemukan banyak pelelangan ikan yang juga berdampingan dengan restoran makanan laut di sana. Kesegaran bahan baku laut di sini terjamin segar dan terjangkau. Beberapa warung makannya menyediakan gazebo yang mempunyai menu masakan khas jawa barat khususnya daerah garut.
Wisata Pantai Rancabuaya Garut juga menyimpan keunikan berupa air terjun yang bermuara ke lautan. Jika anda penggemar snorkling, anda bisa menikmati beraneka biota laut pada kolam kolam kecil yang tersebar di sepanjang pantai. Anda juga bisa berjalan sambil mengambil foto di atas karang saat surut tiba atau sekedar menikmati matahari tenggelam di sana. Meskipun sudah difasilitasi jalanan yang mulus, Pantai Rancabuaya ini masih terbilang kurang terkenal. Sepertinya, Pemerintah kota garut harus bekerja keras untuk mendatangkan pelancong secara terus menerus ke pantai ini. Sangat disayangkan jika potensi wisata dari Pantai Rancabuaya ini tak terkesplor dengar baik.